Tentang, Blog, Peblog dan Avatarnya

Agustus 24, 2007

Tentang (About), Blog, Peblog dan Avatar merupakan sebuah kesatuan utuh yang tak mungkin dipisahkan. “Blogging” adalah sarana pers yang lebih pribadi. Nah, ketika “blogwalking” aku menemukan banyak hal unik berkaitan dengan avatar. Sebagai Peblog tentu kita sama-sama menyadari kebutuhan agar “ada” yang membaca blog kita.

Aku sedikit ingin berbagi, mengenai keterkaitan Tentang, Blog, Peblog dan Avatarnya dan ingin mencari “siapa” sejatinya yang berada dibalik sebuah blog. Apa dan siapa gerangan? Visi dan Misi sebuah blog bisa pula ditangkap jelas dari judul dan semboyan blog.

Peblog yang Jujur

Dalam perjalananku, beberapa blog jelas-jelas menampangkan identitasnya, baik itu Peblognya, Visi dan Misi Blognya dan biasanya menggunakan “wajah” nya sendiri sebagai avatar. Untuk yang seperti ini kurasa tak perlu lagi mencari.

Peblog Misterius

Sesuatu yang dicari, adalah sesuatu yang misteri. Karena kemisteriannya itulah menjadi menarik untuk mencarinya. Kita persempit ruang diskusi disini, antara Peblog dan Avatarnya. Beberapa peblog sengaja bersembunyi dibalik avatarnya. Apa sih alasan bersembunyi? Menurut dugaanku ada beberapa:

  • Pemalu

Biasanya ada data pada profil/tentang namun jangan harap ada foto, dan avatarnya serasi dengan semboyan blog berupa simbol dari misi blognya. Hanya memang malu tampil

  • Tidak PD

Biasanya ini para pemula, yang coba-coba dan belum yakin dengan kekuatan tulisannnya sendiri.

  • Pengecut

Aku berasumsi Peblog seperti ini cerdas, sangat pandai memainkan bahasa tulisan, cenderung menulis satire, sarkasme, sinisme dan sejenisnya. Namun ketika dia memandang kedalam dirinya, terasa ada ketakutan dan mungkin rasa bersalah. Jeleknya lagi, golongan pengecut ini kadang-kadang secara total menampilkan hal yang bertolak belakang dengan dirinya. Dia sengaja ngeblok dengan tujuan mendiskreditkan orang atau golongan lain

  • Angkuh

Merendah meninggikan mutu. Tutur kalimatnya senjang dan sumbang dan kadang menusuk pembaca. Namun tampil dengan seolah-olah low profile padahal aslinya sombong.

Ada jenis lain gak ya?

Hm…, eh…, ngomong-ngomong aku sendiri termasuk yang mana yah? Ada yang bisa membantu gak?

7 Tanggapan to “Tentang, Blog, Peblog dan Avatarnya”

  1. caplang™ Says:

    saya blogger pemalu 😳
    avatar berupa siluet diri

  2. journalx Says:

    salut deh’ dengan artikelnya ilmu yang anda ulas sangat langka orang mau mempelajari, saya bingung nih boss, saya masuk di mana yah yang jujur atau …………. salam kenal
    ———-
    salam kenal juga, anda lebih tahu tentang anda [kt2]


  3. kalau begitu saya jujur…
    ————
    hm…, [kt2]


  4. Blog, Peblog dan Avatar bisa menjadi kategorisasi karakter orang? wah baru menarik nih, untuk diiteliti lebih lanjut sbg bahan skripsi, he he he.
    Ntar rekrutmen karyawan perlu mempersyaratkan musthi punya blog, ya kang Tutur 🙂 ?
    —————–
    karyawan punya blog? ide yg brilian, klo boleh ngimpi setiap orang kudu punya blog 😀


  5. saya jujur donk… 😀
    ——
    hmm.. (juga) 😀 [kt2]

  6. Brahmanto Says:

    Tulisan yg menarik sekali, Kang. Tp gmn dg blogger yg sengaja nggak bikin avatar kyk aku? Tergolong yg mana nih?
    ———-
    gak ada avatar? kan anda sudah memasang profil dengan jelas? [kt2]

  7. sajira Says:

    mungkin anda bisa menggolongkan saya ke bagian yang mana? terus terang saya gak tau apa itu ngeblog.


Tinggalkan Balasan

