Lulus Ujian & Corat Coret

Juni 26, 2008

Ekspresi kebebasan menempuh ujian yang marak akhir-akhir ini, bahkan sejak dulu sebenarnya adalah corat coret baju seragam. Pertanda apa ini?

SISTEM PENDIDIKAN BURUK

Betul, kita harus jujur bahwa sistem pendidikan Indonesia masih buruk. Ke sekolah, yang seharusnya untuk belajar dan menuntut ilmu dirasakan oleh siswa sebagai bentuk pemaksaan, langsung atau tidak. Mereka terpaksa ke sekolah, karena tidak mau di cap pengangguran, anak putus sekolah dan sebagainya. Jadi motivasinya, salah. Maka selayaknyalah pihak sekolah membalik kondisi ini sehingga mereka tidak lagi merasa “terpaksa” datang ke sekolah namun sebaliknya, datang ke sekolah memang untuk belajar, menuntut ilmu.

TIDAK MENYENANGKAN

Karena motivasi dasar tadi yang salah maka datang ke sekolah sangat Tidak Menyenangkan. Banyak tugas, banyak PR dan belum lagi guru-guru yang galak (istilahnya: KILLER). Jadi datang ke sekolah adalah hal yang menakutkan, menjemukan, dan bla bla….! Sekolah bagaikan PENJARA.

~aku rasa, cukup itu saja silahkan tambah sendiri, kalo mau

Akibatnya, ketika mereka lulus (baca: bebas) maka PENJARA itu harus diejek, diledek, dicacimaki dan kalau boleh sebenarnya mereka ingin mencoret-coret dinding sekolah itu bahkan muka guru-guru mereka. Namun, karena tidak boleh, perhatian beralih ke baju SERAGAM. Baju seragam adalah PENJARA yang melekat setiap hari, memenjara para siswa. Tidak boleh main ke Mall dengan baju Seragam, misalnya.

Padahal, sekali lagi kalau motivasinya betul dan benar tentu coret-coret tidak akan terjadi. Sekolah adalah tempat yang nyaman, baju seragam adalah teman setia yang selalu mendampingi hari-hari yang menyenangkan itu. Tentu mereka akan simpan di tempat yang bagus, bahkan kalau boleh “tanpa noda” sedikit pun karena itu bagian dari Sejarah yang Menyenangkan bagi mereka.

Tapi, lucu juga kalau corat-coret itu dikatakan sebagai ekspresi KEBEBASAN, sebab kalau mereka mengetahui akan banyak sekali TANTANGAN dan RINTANGAN  yang mesti dihadapi setelah lulus ujian. Ah, rupanya mereka tidak menyadari!!! 😆

>> Semangat hari Kamis Tuan-tuan dan Puan-puan, Apa perlu kita mencoret muka sendiri hari ini?

Iklan

3 Tanggapan to “Lulus Ujian & Corat Coret”

  1. riko Says:

    fenomena yg cukup Menarik ini kang…
    kalau buat gw ini tidak lebih dari keinginan utk mengapresiasikan diri terhadap satu situasi tertentu…
    wajar !!!
    Tapi dinegara kita,sebuah seragam sekolah pun masih dianggap hal yg mahal jadi sayang utk di coret2,kenapa kita tidak bersama2 mencari solusi utk menjadikan baju seragam itu hal yang murah,sehingga mereka bisa mengapresiasikan dirinya dalam rangka mensyukuri kelulusannya dengan “budaya”yg sudah ada tersebut secara turun menurun..

  2. ogi Says:

    jadi makin males ma negara kita sendiri
    ga ada yang beres

  3. asiaputri Says:

    waah, jangan dicoret, males nih nyucinya :))


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: