Seandainya Indonesia dijajah Inggris

Juni 29, 2008

Yang jelas ini gak ada kaitannya dengan Guus Hiddink, pelatih sepakbola asal Belanda yang melatih Tim Rusia di Euro 2008. Kehebatannya sebagai pelatih, justru menghantam negara sendiri 3-1 untuk kemenangan Rusia.

Namun terkenal di dunia, bahwa Belanda adalah Imperialis yang sangat payah dalam hal pendidikan. Hanya kaum ningrat dan pedagang saja yang diperbolehkan sekolah. Anak lurah, anak demang dst…!

Bandingkan dengan Inggris dimana bekas jajahannya yang sekarang tergabung dalam The Commonwealth of Nations, setidaknya yang dekat dengan kita Malaysia, Brunei dan Singapore dapat kita lihat dari segi Pendidikan dan Ekonomi mereka lebih maju dibanding Indonesia. Ini berkat kemudahan yang diberikan kepada negara jajahan terutama dalam hal pendidikan. Belum lagi mereka mengajarkan Bahasa Inggris kepada penduduk jajahannya. Dalam hal penularan bahasa ini, Inggris lebih maju dibanding Perancis, Spanyol, Portugis dan apalagi Belanda.

Dengan penguasaan terhadap Bahasa Inggris saja, tentu kita dapat menyerap berbagai informasi yang memang banyak tersedia dalam bahasa itu. Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Hukum dan seterusnya literatur dan informasi lebih banyak tersedia dalam bahasa Inggris.

Paling tidak “gaya berpikir” “gaya bekerja” orang-orang Indonesia tentu akan berbeda. Dan, mungkin saja bila dijajah Inggris tentu KEMERDEKAAN kita tidak seperti sekarang ini.

Ah… namun yang namanya dijajah mana ada yang enak sih? 😆

>> Semangat hari Selasa, Apakah kita sudah benar-benar MERDEKA hari ini?

Iklan

5 Tanggapan to “Seandainya Indonesia dijajah Inggris”

  1. tikabanget Says:

    dijajah cinta? enak ndak?

  2. nenyok Says:

    Salam
    wanita dijajah pria *sorry OOT* 😀

  3. Kang Nur Says:

    lebih enak menjajah ‘ngkali
    lam kenal


  4. 66 tahun merdeka sebenarnya sudah cukup mengkikis dan mengkoreksi semua kebrengsekan yang ditinggalkan belanda. Tapi itu tidak dilakukan oleh pemerintah kita sendiri. Ya beginilah jadinya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: