Ringgit

Juli 28, 2008

Tentu anda kenal dengan Ringgit bukan? Ringgit itu mata uang Malaysia. Namun kalau orang Minang, bilang SeRinggit itu dapat berarti Rp. 2,5 atau Rp. 250.- atau Rp. 2500 (entah kenapa…?!)

Di era 90-an, banyak sekali orang kampung ku menyeberang ke Ranah Jiran itu, untuk “bakureh”, membanting tulang demi lembar-lembar ringgit. Lumayan, Hebat!!! Mendekam setidaknya 2 tahun di hutan sawit disana itu, bisa pulang kampung dengan kilauan Gelang dan Kalung di leher. Sangat cukup untuk menggoda para “perawan” nan hangat dan jelita.

Hebatnya lagi, mereka bisa mengalahkan “pasaran” [baca: dayatawar] para Sarjana. Singkatnya, begini para sarjana kurang diminati untuk dijadikan calon suami (masih nganggur sih….. 😆 )

Eh, btw… ini masalah lain yang lagi hangat juga. Tentang iklan pembangun citra (mungkin luput dari pandangan anda). Mari kita berhitung, yuk!

dikurangi

Hasilnya adalah

RM ??????

Sembilan Ringgit Bos?

Sembilan Ringgit Bos?

>> Semangat hari Senin teman, ada berapa Ringgit di kantong anda?

Iklan

6 Tanggapan to “Ringgit”

  1. Mas Kopdang Says:

    ah, ente ada-ada aja..
    😉

  2. bangsari Says:

    “Namun kalau orang Minang, bilang SeRinggit itu dapat berarti Rp. 2,5 atau Rp. 250.- atau Rp. 2500 (entah kenapa…?!)”

    tak cuma orang minang. orang jawa tempo dulu pun begitu. kenapa? ya karena istilah ringgit itu adalah sebutan orang kita untuk angka seperempat. jangan lupa, banyak istilah kita yang dipakai (mungkin lebih tepat dibajak) malaysia. termasuk lagu kebangsaan mereka kan membajak produk kita.

    mau bukti? sebagai negeri jajahan inggris, mata uang warisan dari penjajah itu ya poundsterling. istilah ringgit jelas sekali bukan asli dari mereka.


  3. ringgit saya masih banyak hari ini…..
    *baru gajian*

  4. aRuL Says:

    hahaha, ngiklan nih kang tutur?


  5. Jangankan di Jawa atau Sumatera, orang Suriname juga mengenal ringgit.

    Ringgit ertinya bergerigi (seperti gergaji). Zaman kerajaan dahulu kala, penduduk di Semenanjung, Sumatera, Jawa, Borneo dan Sulawesi menggunakan ukiran besi bergerigi sebagai matawang antara kerajaan.

    Tingkat tingginya wang itu dinilai berdasarkan berapa bilangan gerigi yang ada. Semakin banyak gerigi, semakin tingggilah nilainya.

    Nama ringgit bukan digunakan secara paksa di Malaysia. sebaliknya Ringgit sudah akrab sejak dulu lagi. Di waktu zaman penjajahan sekali pun, Nilai One dollar diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu sebagai Satu Ringgit.

    Kebiasaan memanggil duit sebagai ringgit bukan terjadi pada orang Melayu di Malaysia, bahkan orang Melayu Riau, Lingga, Bangka, Belitung juga masih menyebut ringgit sekitar tahun 1960an walaupun ketika itu mereka memakai Rupiah. Orang Melayu Brunei dan Singapura juga masih memanggil wang mereka sebagai ringgit walaupun mereka menggunakan dollar.

    Harap anda yang di Indonesia tidak membuat tuduhan melulu tentang ini.

    Sebetulnya Indonesia juga harus memakai ringgit sebagai mata wang kerana nama ringgit sudah disebut orang di Nusantara sejak 500 tahun dulu. Sayangnya Indonesia memilih Rupiah, plesetan dari Rupee (india) Rupee (Pakistan) Rupee (Sri Lanka) dan Rufiya (Maldives)

  6. dewi Says:

    10 ringgit dalam rupiah itu berapa? 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: