Bangsat

Oktober 15, 2008

Di kampung saya kata bangsat itu berarti miskin. Jadi kebangsatan dapat berarti kemiskinan.

Seorang teman saya yang aktivis pernah mengagitasi, katanya “Setiap bertambah kekayaan satu orang, maka dapat dipastikan ada satu orang yang dibangsatkan”. Saya sendiri tak mengerti teori apa yang dia pakai. Maklum bukan aktivis, juga bukan pengamat ekonomi. Namun demikian, letih juga rasanya jadi orang bangsat.

Namun dengan kejadian belum lama ini yang memberitakan negara SuperKaya Amerika pun ternyata bisa dilanda resesi. Artinya rakyat Amerika tiba-tiba banyak jatuh bangsat. Lah, kalau begini siapa yang tiba-tiba jadi RangKayo? Entahlah!

Karena kita sepertinya dikondisikan oleh tangan-tangan ghaib (invisible hand) sehingga walaupun tinggal, hidup dan berbiak di negara yang Gemah Ripah Loh Jinawi toh sangat banyak rakyat Indonesia yang masih bangsat.

Menurut kawan saya lagi, yang dialami anak bangsa Indonesia bukan hanya kebangsatan namun lebih dari itu adalah pembangsatan. Jadi ada tindakan yang disengaja untuk membangsatkan rakyat Indonesia. Ini semua terjadi karena para pemimpin kita mau menjadi kaki tangan pihak asing. Sebab, tak dapat dipungkiri lagi mereka juga ambil bagian disitu. (bahasa kerennya: Ngambil Jatah Preman)

Bodoh!!! Siapa bilang bodoh? Justru karena mereka merasa pinter lalu seenaknya membodohi rakyat sendiri. Sehingga angka statistik kebangsatan bangsa ini pun dibuat asal-asalan. Dan dengan angka-angka itu kemudian diramu menjadi proposal untuk mencari hutang, pinjaman, atau…. apalah namanya sehingga pembangsatan ini akan terus berlanjut. Dan kita akan semakin tak berdaya. Duuuh, biyuuuung! 😦

Eh, tiba-tiba seorang kawan lagi nyeletuk, “Kalau mau KAYO pergilah ke KERINCI” katanya. 😆

Iklan

3 Tanggapan to “Bangsat”

  1. kangtutur Says:

    PS: Di Kerinci KAYO adalah panggilan kehormatan seperti MAS (Jawa) UDA (Minang) ABANG (Jakarta)

  2. aRuL Says:

    btw jangan sampai keBANGSATan menjadi alasan kita tidak maju2 😀

  3. riko Says:

    Tapi kaya juga belum tentu jadi jaminan untuk menjadi “BAHAGIA” kan kang ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: