Ternyata Akal juga Punya Rumah

Maret 26, 2009

rumahakalBila anda bertanya pelajaran apa yang menarik sekaligus menakutkan maka aku akan menjawab Matematika. Menarik ketika masih dalam tingkat sederhana dan main-main. Namun menakutkan bila sudah bergelut dengan rumus-rumus.

Mari kita bicara yang menarik saja:

  • Setiap bilangan dikali 9 maka hasilnya bila dijumlahkan akan menghasilkan 9 juga. Contoh: 6 x 9 = 54 maka 5+4 = 9. Silahkan coba yang lain.
  • Cara mudah mendapatkan hasil perkalian 5 adalah dengan membagi 2 bilangan tersebut dan menempelkan angka 0 dibelakang hasilnya. Contoh: 16 x 5 hasilnya adalah 16 : 2 = 8 tambahkan 0 maka menjadi 80. Uji dengan angka lainnya.
  • Pada perkalian 11, ada juga keunikan. Contoh 36 x 11 adalah dengan menambahkan 3 dengan 6 = 9 dan meletakkannya ditengah, sehingga didapat hasil 3 6 9. Jangan lupa, bandingkan dengan angka lainnya.

Itulah sekelumit contoh yang menarik dari Matematika.

Namun, ternyata ada yang namanya MathMagic… dari RumahAkal.com (Ah… aku terlambat tahu) yang sudah diluncurkan sejak 2003 lalu.

Konon, Ir. Bekti Hermawan, sang Pendiri Rumah Akal ini mengembangkan model MathMagic ini dari sebuah Rumah Kontrakan di Bogor. Bahkan pada 30 April 2008 lalu mendapatkan Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) yang diserahkan oleh Menteri Riset dan Teknologi, Kusmayanto Kadiman, sebagai sebagai Penulis Buku dan Pencipta Software Matematika Ajaib.

Hebat… tapi kok aku tahunya telat?

Dibawah ini aku kutipkan sedikit tentang MathMagic itu:

Belajar Mathmagic = Penyederhanaan Bentuk Soal yang Menyenangkan

Suatu hari kami bertanya pada seorang siswa Rumah Akal bernama Krisna, kelas 3 SD, seorang siswa yang SANGAT TIDAK MENYUKAI MATEMATIKA, tetapi bercita-cita menjadi seperti Om Albert Einstein dan ingin “menghilangkan” gaya gravitasi bumi jika cita-citanya tercapai:
“Krish, berapa sih 18+17 itu?”

“I do not know!” jawabnya singkat

Lho, kenapa kamu tidak tahu?”

“I like science!” jawabnya lagi.

“Oh begitu… coba lihat ke whiteboard, di angkasa luar sana ada banyak planet. Kalau kamu punya 18 planet di tas sekolahmu, dan kamu ambil lagi 17 planet dari angkasa luar, maka kamu bisa ketahui jumlah planet milik kamu dengan cara seperti ini:

18+2

17-2

——- +

Pinjamkan 2 planet yang kamu ambil dari angkasa luar dan masukkan ke dalam tas kamu segera! Berapa planet sekarang yang ada dalam tas kamu?”

“20 planet!” jawab Krisna serius dan mulai fokus.

Dia tahu bahwa saya sedang membicarakan sains dan bukan matematika yang tidak disukainya! Planet vs Matematika… wow, bagi Krisna pasti lebih menarik bicara tentang planet!

“Kalau begitu, berapa sisa planet yang baru kamu ambil dari angkasa luar?

“15 planet dong…. kan 17 sudah diambil 2!” teriaknya girang

Wah, kamu udah pandai ya! Jadi 18+17 itu sama saja dengan 20+15. Kamu suka soal yang mana, 18+17 atau 20+15?”

“Yang 20+15=35… lebih gampang… gak pake nyimpen!” kata Krisna

Inilah FAKTA bahwa suatu bentuk soal jika dirubah ke bentuk yang lebih sederhana ditambah cara penyampaian yang fleksibel akan lebih memudahkan bagi anak untuk menyelesaikan jawabannya. Coba bapak/ibu tanyakan kepada semua siswa SD mulai kelas 3-6, pilih mana… 18+17 atau 20+15? Saya jamin semuanya akan lebih cenderung memilih 20+15.
Mathmagic = Keajaiban Bilangan [Matematika]

Metode belajar Mathmagic tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mudah dipelajari. Metode Mathmagic lebih dari sekedar teknik perhitungan cepat. Anak-anak dapat mengembangkan strategi untuk penyelesaian soal secara umum. Jika anak-anak tidak tahu atau tidak pernah belajar bagaimana cara menyelesaikan soal, maka anak-anak akan menyusun metode sendiri [kreatif]. Banyak siswa di Rumah Akal yang telah belajar Mathmagic menemukan bahwa angka dan bilangan adalah suatu KEAJAIBAN MATEMATIKA.

Apanya sih yang ajaib? Yuk, sama-sama kita lihat contoh keajaiban bilangan tersebut. Siap-siap… tahan napas ya..!

Contoh: berapakah 56×15?

  • Langkah1: Bagi 56 dengan 2 = 28
  • Langkah2: Tambahkan 28 ke angka soal awal, 28+56=84
  • Langkah3: Kalikan 84 dengan 10, 84×10=840, selesai!

Jadi, hasil 56×15 adalah 840…! Sangat sederhana dan mudah, bukan? Inilah alasan mengapa anak-anak sangat menyukai Mathmagic!

Dalam paket Mathmagician Family ini kita akan mempelajari:

  • 5 Kunci Mental Matematika
  • Penjumlahan Kolom Panjang
  • Pengurangan Tanpa Meminjam
  • Perkalian [Silang, Komplementer]
  • Pembagian Sederhana dan Desimal
  • Pengecekan Jawaban Kilat

Sekarang, baca dan nikmati keajaiban matematika bersama keluarga di rumah, sama seperti halnya ketika kita nonton acara favorit di TV. Ketika anak-anak kita selesai mempelajari isi buku ini, mereka akan mampu menyelesaikan soal-soal berhitung dengan mudah. Eit… jangan lupa, gunakan alat bantu Kalkulator Mathmagic untuk perkalian sulit semacam 15369 x 56814, atau jika ketemu soal pembagian seperti 147:14 atau berpa bentuk desimal dari 181/12 atau bentuk desimal 2/19 gunakan aja Kartu Index, ya…!

Ingat juga, belajar Mathmagic:

  • Tidak diperlukan alat bantu apapun, kecuali alat tulis menulis, itu pun jika diperlukan, dan strategi yang tepat.

  • Dapat digunakan oleh siapa saja, baik anak yang tidak suka [tidak berbakat] maupun yang suka [berbakat] matematika.

  • Rasapercaya diri sang anak akan bertambah setelah sang anak mengetahui cara penggunaannya sehingga akan berkorelasi positif terhadap pelajaran matematika di sekolahnya. Bahkan berkorelasi positif juga untuk mata pelajaran yang lain!

Barangkali anda juga tertarik? Kunjungi saja Websitenya dari banner dibawah ini.

rumah-akal

Selamat bersenang-senang. 😆

Iklan

3 Tanggapan to “Ternyata Akal juga Punya Rumah”

  1. antonclaten Says:

    wahh bisa aku buat simulasi dalam bentuk flashnya.heeee salam kenal ommm.

  2. arhsa Says:

    aslm. cerdas kang, tapi sebetulnya saya mau koment tentang hack pasword yahoo, soalnya temanku lupa paswordnya, eh dah di close, tega juga kang tutur ni, tapi saya setuju, soalnya baru nyadar, jangan-jangan malah kita yang kena hack hik..hik..hikk
    salam kenal, mencerahkan. jazakallah.

  3. Bayuni Says:

    Om bisa ga’ kasih tau saya bagaimana caranya mudah mengerjakan pembagian bilangan desimal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: