Memilih itu Menghina

April 7, 2009

sate-padangKapok oleh aroma Mpempek Plembang, aku jadi kangen Sate Padang lalu aku pun berkeling Kota Ampera ini. Akhirnya jumpo jugo, al hamdu lil lah!

“Sate ciek, lai ba ati Jo?”

Tukang sate itu kaget dan sedikit melotot ketika ku tanya, “Punya hati gak Jo” – maksudku itu sate yang dari Hati Sapi. Oh, sate Padang itu selain ada Daging, juga ada Lidah dan Jantung atawa Hati.

“Lai lah, nan dak punyo ati caleg caleg tu ha…” (Punya, yang gak punya itu para caleg) – tentu maksudnya “punya hati” dalam tanda kutip.

“Jan berang-berang, Jo. Iko maso tenang mah?” pancingku sembari meredakan kemarahannya.

Tak lama sate pun terhidang. Hmm… niq maaaaaaaaaat!!!

Obrolan kami berlanjut seputar Pemilu. Agar anda mengerti ku terjemahkan saja deh…!

“Sudah punya calon Jo?

“Ndak, awak ndak memilih..” jawabnya mantap.

“Kenapa?”

“Saya tidak mau menghina, mereka. Takut dosa!”

Aneh, nih orang satu pikirku.

“Ha, bijimana pulak ceritanya tuh, kok berkait dengan urusan hina menghina?”

“Begitu lah, dari dulu saya tidak pernah ikut memilih. Sebab dengan mencoblos, takut otak mereka jadi lumer. Gimana bisa berpikir untuk kemashlahatan rakyat?”

Gila, juga filosofi Ajo nih, rutuk hati ku.

“Tapi, sekarang kan tidak lagi mencoblos Jo”

“Lebih parah malah… dicoreng kan?”

“Iya….”, aku pun mengangguk.

“Pantang bagi kita orang Minang, mencoreng muka orang lain. Tapi herannya, zaman sekarang banyak orang yang minta mukanya di coreng.”, celetuknya datar.

Tak terasa, sate hati seporsi lewat dan ludes amblas ke perut ku.

“Haa…. Tambuah Ciek…!” – Lamak bana sate Ajo nih?

sumber: Politikana.Com

Iklan

2 Tanggapan to “Memilih itu Menghina”


  1. […] Originally posted from Memilih itu Menghina […]

  2. rrj Says:

    Good posting.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: