Vlog: Video Blogging

Oktober 27, 2009

Goen RockPesta Blogger 2009, usai sudah.

Yang menarik, karena, aku tidak berekesempatan hadir adalah penayangan video yang disiapkan khusus oleh Goen Rock. Sebenarnya sudah dilakukan juga pada Pesta Blogger 2008.

Event akbar Pesta Blogger 2009 tinggal hitungan hari. Apa persiapan yang sudah Sampeyan lakuken untuk menyambutnya? Seperti tahun lalu, saya mempersiapkan Motion Graphics untuk ditayangken di giant screen pada saat event berlangsung nanti. Preview kasar pertamanya bisa ditengok pada video dibawah ini. (GoenRock’s Vlog)

Video Blogging, bukan barang memang bukan barang baru di Indonesia. Tapi kalau dikatakan “barang langka” IYA. Sebab ke-kuper-anku juga, yang jelas dan nyata-nyata mendeklarasikan sebagai Video Blog (Vlog), baru GoenRock’s ini kurasa.

Sulitkah video blogging itu? Sepertinya, tidak juga. Menurut Mas Thomas Arie, dapat dilakukan dengan perangkat seadanya.  Seadanya dalam arti paling tidak, punya kamera kan? E, tapi ini kalau emang mau, minjem juga boleh, asal dibalikin…


Bahan rujukan lain, diulas dengan apik oleh Pitra Satvika, aka Anak Cerdas, di Spasi DagDigDug, katanya:

Nggak usah bingung dengan peralatan. Manfaatkan saja telepon genggam atau webcam, hanya pakailah di ruang terbuka yang banyak cahaya. Kecuali kamu punya handycam berkualitas sedang, sebaiknya jangan pakai ruangan tertutup dan malam hari. Manfaatkan cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan. Untuk mengeditnya, banyak kok perangkat lunak gratis bertebaran di internet. Salah satunya bisa pakai AVI Trimmer.

Ahaaa…., menarik sekali bukan? Aku juga mulai kepikiran nih, ber-VideoBlogging. Mau ikutan?

Finally, salut buat Blog Video nya Goen Rock…! (Sayangnya dia belum bapak-bapak, kalau sudah tentu boleh didaulat sebagai Bapak Blog Video Indonesia. 😀 )

Iklan

4 Tanggapan to “Vlog: Video Blogging”

  1. -GoenRock- Says:

    Wadhuh, bapak Vlog indonesia itu Pinot http://pinot-videoroom.blogspot.com/ Saya banyak dapet ilmu justru dari dia Kang 😀

    • ..[o'o].. Says:

      […Sebab ke-kuper-anku juga, yang jelas dan nyata-nyata mendeklarasikan sebagai Video Blog (Vlog), baru GoenRock’s ini kurasa…]

      #(doh) kok kuper bangetz yaks! e, tapi Goen juga pantes lah…

  2. Pitra Says:

    sayapun baru tau blognya @pinot *kemalumon*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: